Pentingnya Menikah dengan Yang Sekufu - Ustadz Budi Ashari Lc

Ada hal yang menarik di kalangan para ahli Al-Qur'an, ketika Allah Subhanahu wa Ta'ala mengisahkan sekian banyak sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, tetapi hanya ada satu Sahabat Nabi shallallaahu 'alahi wa sallam yang disebut secara jelas namanya dalam Al-Qura'nul karim, yaitu Zaid bin Haritsah radhiyallahu'anhu, putra angkat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Kisah ini disebutkan di dalam surat al Ahzab ayat 37.

Ada nilai pelajaran tentang rumah tangga, karena ternyata Zaid bin Haritsah justru ketika nanti dia diabadikan namanya dalam al Quran, bukan pembahasan tentang rumah tangganya yang istimewa ketika nantinya menikah dengan ummu ayman dan melahirkan seorang yang luar biasa dalam sejarah Islam yaitu Usamah bin Zaid radhiyallahu'anhuma, sahabat yang di usia belia 18 tahun menjadi panglima besar.

Ternyata Allah Subhanahu wa Ta'ala ingin memberikan peringatan kepada kita semua umat Muhammad shallallahu'alaihi wasallam tentang kisah pilu atau bisa kita katakan sebagai tragedi rumah tangga antara sahabat Zaid bin Haritsah dengan shohabiyah Zainab binti Jahsy. Keduanya menikah dengan Rasulullah sebagai penghulunya. Namun pernikahan tersebut tidak bertahan lama. Para ulama ahli tafsir mengatakan bahwa usia pernikahan mereka bertahan sekitar satu tahun lamanya.

Inilah pelajaran yang luar biasa itu, dimana ternyata pernikahan antar dua insan yang mulia namun hanya bertahan selama satu tahun. Bagaimana ceritanya dua orang mulia bertemu dalam rumah tangga yang seharusnya mulia malah harus berpisah? Itu tandanya, tidak cukup orang sholeh bertemu dengan seorang yang sholehah untuk bersatu dalam sebuah rumah tangga.

Ternyata, ada beberapa sebab yang membuat pernikahan itu akhirnya kandas. Kisah ini memuat pelajaran dan memberikan banyak hikmah untuk kehidupan generasi muslimin berikutnya.

Bagaimana kisah perceraian antara Zaid bin Haritsah dengan Zainab binti Jahsy? Apa hikmah yang dapat diambil dari hal tersebut? Bagaimana sebenarnya konsep kufu' dalam pernikahan?

Temukan dalam video nasihat Ustadz Budi Ashari Lc berikut ini!